Vol 2 No 1 (2025): April 2025
##section.default.title##

Pengaruh Training Pasar Modal Terhadap Peningkatan Literasi Inklusi Keuangan Periode Tahun 2024 di Sulawesi Tengah

Merri La’ando
Prodi Manajemen, FEKON, Universitas Kristen Tentena
Abdi Walenta
Prodi Manajemen, FEKON, Universitas Kristen Tentena
Fredrik Kawani
Prodi Manajemen, FEKON, Universitas Kristen Tentena

Diterbitkan 2025-07-20

Kata Kunci

  • Literasi Inklusi Keuangan,
  • Pasar Modal,
  • Pelatihan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh training pasar modal terhadap peningkatan literasi inklusi keuangan peserta training periode 2024 di Sulawesi Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Snowball Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 41 siswa dan mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Studi pasar Modal (KSPM) GI Bursa Efek Indonesia Sulawesi Tengah dengan rentang usia 15 sampai dengan 30 tahun. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis liniear sederhana dan menggunakan SPSS Statistic 22.0 untuk pengolahan data. Hasil penelitian ini adalah variabel pelatihan memiliki pengaruh sebesar 60% terhadap variabel literasi inklusi keuangan. Melalui hasil uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 7,705 > 1,684 yang merupakan t tabel , dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak dengan pernyataan training pasar modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan literasi inklusi keuangan periode 2024 di Sulawesi Tengah. Upaya untuk meningkatkan literasi inklusi keuangan masyarakat perlu terus dilakukan, demi menciptakan generasi yang melek keuangan.

Referensi

  1. Aeniyatul. (2019). Bab III metoda penelitian. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 3, 1–9.
  2. Amrullah, Z. (2024). Pengaruh Kompetensi, Pelatihan, dan Gembangan terhadap Kinerja Karyawan pada PTPN V Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
  3. Darmawan, D., et al. (2020). Pengaruh pelatihan keuangan, organisasi, dan intensitas belanja online terhadap kemampuan literasi keuangan masyarakat milenial. Jurnal AKRAB, 11(1), 64–69.
  4. Ghozali. (2016, 2017). Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Hal. 32–42.
  5. Otoritas Jasa Keuangan. (2022). BOOKLET Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022. Jakarta: OJK.
  6. Rusdi, A. S., et al. (2024). Metode penelitian kuantitatif. Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3).
  7. Sikula. (2020). Analisis pelatihan kerja pegawai pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru (Kasus pada kantor Induk Cempaka). Jurnal Manajemen Universitas Islam Riau, Hal. 11–29.
  8. Taufik, M. (2018). Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai Balai Diklat Keagamaan Kota Makassar.
  9. Walenta, A. S., & Pertiwi, W. (2021). Manajemen Perubahan (Menuju Organisasi Produktif).
  10. Wicaksono, S. (2019). PT Kharisma Gunamakmur: Hubungan antar konsep dan hipotesa penelitian. Agora, 7(2).