Vol 1 No 1 (2024): April 2024
##section.default.title##

Sinergi Pendidikan dan Pariwisata: Strategi Meningkatkan Daya Tarik Perguruan Tinggi Melalui Destinasi Wisata

Abdi Walenta
Manajemen, FEKON, Universitas Kristen Tentena

Diterbitkan 2025-06-06

Kata Kunci

  • kolaborasi,
  • pendidikan tinggi,
  • pariwisata,
  • sinergi,
  • daya tarik

Abstrak

Penelitian ini membahas pentingnya sinergi antara pendidikan tinggi dan sektor pariwisata dalam meningkatkan daya tarik perguruan tinggi di tengah persaingan global yang semakin ketat. Melalui pendekatan library research, penelitian ini menganalisis berbagai literatur yang mengkaji keterkaitan antara kedua sektor tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perguruan tinggi dapat memanfaatkan potensi pariwisata sebagai elemen branding yang memperkuat citra akademik dan menarik minat calon mahasiswa. Integrasi kurikulum berbasis pariwisata, peran teknologi digital, dan kolaborasi antara perguruan tinggi, pemerintah, serta pelaku industri pariwisata menjadi strategi penting untuk menciptakan ekosistem yang berkelanjutan. Penelitian ini juga mengemukakan pentingnya pemberdayaan masyarakat lokal melalui program-program pendidikan dan wisata edukasi. Kesimpulannya, sinergi antara pendidikan tinggi dan pariwisata memiliki potensi besar untuk meningkatkan daya tarik akademik dan kontribusi terhadap pengembangan destinasi wisata yang berkelanjutan.

Referensi

  1. Amelia, D. (2022). Pengaruh Industri Pariwisata terhadap Pengembangan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora.
  2. Anurogo, W., Nugroho, H. A., & Hartono, D. M. (2017). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal dan Teknologi Geospasial. Jurnal Pariwisata Pesona.
  3. Ardiwidjaja, D., & Antariksa, B. (2022). Pelestarian Tinggalan Arkeologi sebagai Daya Tarik Wisata Budaya. Jurnal Arkeologi.
  4. Asmudi, U. M., Harlinda, H., & Kurniati, N. (2021). Penentuan Tingkat Kelulusan Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia Berbasis Web. Buletin Sistem Informasi dan Teknologi Islam. https://doi.org/10.33096/busiti.v2i3.898
  5. Aulia, R. (2021). Pengaruh Manajemen Strategi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Dan Daya Saing. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.626
  6. Effendi, A. (2023). Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat.
  7. Fitra Dimento, J. A. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berwisata ke Pantai Tanjung Tinggi Belitung. https://doi.org/10.31219/osf.io/quhwg
  8. Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2024). Pemanfaatan Potensi Wisata Desa dan Benda Cagar Budaya sebagai Outbound Pembelajaran dan Ecotourism di Kabupaten Bima. Jurnal Terapung Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/10.31602/jt.v6i1.14111
  9. Kaburak, O., & Suparno, S. (2022). Keterlibatan Masyarakat Desa Wisata Penglipuran dalam Mengelola Desa Wisata. Konstruksi Sosial. https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i7.132
  10. Kanom, K., & Darmawan, R. N. (2020). Strategi Pemasaran Destinasi Wisata di Era Digital. Jurnal Ilmiah Pariwisata. https://doi.org/10.30647/jip.v25i2.1390
  11. Khairani, M., Sabli, M., & Maisah, M. (2021). Manajemen Strategis Pengembangan Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 93–107. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i1.699
  12. Kusuma, B. J., Karim, S., & Mulyani, Y. (2019). Studi Perbandingan Kualitas Layanan Pantai Manggar dan Lamaru di Kota Balikpapan dengan Metode SERVQUAL. JSHP (Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan). https://doi.org/10.32487/jshp.v3i1.543
  13. Manurung, M. M., & Rahmadi, R. (2017). Identifikasi Faktor-Faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia). https://doi.org/10.36339/jaspt.v1i1.63
  14. Mulyadi, A., et al. (2023). Inovasi Pengembangan Daya Tarik Wisata Berbasis Kreativitas Lokal. Jurnal Pengembangan Destinasi.
  15. Permanasari, E. Y., & Haryanti, N. (2023). Dampak Experiential Marketing pada Daya Saing di Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.848
  16. Priyanto, R. (2018). Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip. https://doi.org/10.31227/osf.io/g3k48
  17. Rahman, F., et al. (2024). Pengelolaan Destinasi Wisata Berbasis Edukasi dan Konservasi. Jurnal Ekowisata dan Lingkungan.
  18. Sanjaya, R. B., Satiani, L. N., Lasso, A. H., Prabawa, T. S., Sandang, Y., Hudiono, R. K., & Henri Nivak, C. L. (2023). Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata di Sidorejo Kidul, Salatiga. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.24246/jms.v4i12023p37-47
  19. Subekti, W., et al. (2023). Peran Pendidikan dalam Pengembangan Desa Wisata Unggulan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Daerah.
  20. Tunjungsari, D., et al. (2022). Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Meningkatkan Kompetensi Pengelola Destinasi Wisata. Jurnal Ilmu Sosial Interaktif.
  21. Wibisono, R., et al. (2020). Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Destinasi Wisata Pedesaan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ekonomi.
  22. Wibowo, S. A., Rusminto, M. Z., & Hadijah, S. (2023). Efisiensi Penggunaan Digital Marketing pada Perguruan Tinggi X dengan Instrumen Webqual 4.0. Prosiding SENIATI. https://doi.org/10.36040/seniati.v7i1.7914