Pariwisata Budaya sebagai Media Pendidikan Nonformal: Studi Literatur atas Peran Transformasi Sosial Berbasis Warisan Budaya
Diterbitkan 2025-06-09
Kata Kunci
- Pemberdayaan Komunitas,
- Pendidikan Nonformal,
- Pariwisata Budaya,
- Transformasi Sosial,
- Warisan Budaya
Hak Cipta (c) 2025 Yuyun Tobondo, Fries Sigilipu, Sanny Juliana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji pariwisata budaya sebagai media pendidikan nonformal, dengan fokus pada peran transformasi sosial berbasis warisan budaya. Menggunakan pendekatan kualitatif dan studi literatur, penelitian ini mensintesis temuan dari literatur akademik. Pariwisata budaya memfasilitasi pembelajaran informal melalui metode berbasis pengalaman dan teknologi, seperti gamifikasi dan augmented reality, yang meningkatkan apresiasi budaya. Ini memberdayakan komunitas lokal sebagai pengelola warisan, memperkuat kohesi sosial dan manfaat ekonomi. Selain itu, pariwisata budaya mendorong perubahan sosial melalui pelestarian warisan takbenda dan ketahanan komunitas. Di Indonesia, pariwisata budaya berpotensi mendukung pembangunan sosial inklusif, meskipun tantangan kesenjangan akses digital masih ada. Penelitian ini menyarankan penguatan kapasitas komunitas dan integrasi teknologi inklusif.