Model Manajemen Agile dalam Meningkatkan Adaptasi Pendidikan Inklusif terhadap Perubahan Teknologi
Diterbitkan 2025-06-09
Kata Kunci
- Inovasi Pendidikan,
- Manajemen Agile,
- Pendidikan Inklusif,
- Perubahan Organisasi,
- Transformasi Digital
Hak Cipta (c) 2025 Yuyun Tobondo, Abdi Walenta, Fries Sigilipu

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji penerapan model manajemen Agile dalam meningkatkan adaptasi pendidikan inklusif terhadap perubahan teknologi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research, penelitian ini menganalisis bagaimana metodologi Agile, yang fleksibel dan kolaboratif, mendukung lingkungan belajar inklusif. Temuan menunjukkan peran Agile dalam mendorong strategi pengajaran responsif, kolaborasi antar pemangku kepentingan, dan integrasi alat digital untuk pembelajaran yang dipersonalisasi. Perubahan organisasi dengan dukungan kepemimpinan yang kuat menjadi kunci keberhasilan implementasi Agile. Meskipun menghadapi tantangan seperti resistensi terhadap perubahan, Agile menawarkan kerangka kerja yang kokoh untuk inovasi pendidikan, memungkinkan institusi menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat.