Vol 2 No 1 (2025): April 2025
##section.default.title##

Transformasi Keuangan Digital QRIS pada Startup UMKM di Indonesia

Abdi Walenta
Universitas Kristen Tentena
FREDRIK KAWANI
Universitas Kristen Tentena
MIKHAEL BALO
Universitas Kristen Tentena

Diterbitkan 2025-07-01

Kata Kunci

  • Inklusi Keuangan,
  • Literasi Digital,
  • QRIS,
  • Startup,
  • Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM)

Abstrak

Penelitian ini mengkaji peran literasi digital dalam mendukung adopsi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta startup di Indonesia. Sistem pembayaran digital QRIS memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi pembayaran dan inklusi keuangan, terutama untuk usaha kecil. Namun, banyak UMKM menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan penggunaan QRIS akibat kesenjangan literasi digital, yang menghambat kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi ini secara maksimal. Melalui penelitian kualitatif berbasis tinjauan pustaka, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana literasi digital memengaruhi adopsi QRIS dan dampaknya terhadap kinerja bisnis. Temuan menunjukkan bahwa peningkatan literasi digital memungkinkan UMKM untuk menerapkan QRIS secara efisien, sehingga meningkatkan efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, dan akses pasar. Selain itu, penelitian ini membahas peran pemerintah dalam mendukung inisiatif literasi digital untuk memfasilitasi transformasi sistem pembayaran dalam ekonomi digital Indonesia. Penelitian ini menekankan pentingnya program pelatihan yang fokus pada penggunaan QRIS dan analisis data untuk pengambilan keputusan dalam strategi bisnis. Kesimpulannya, peningkatan literasi digital sangat penting untuk memberdayakan UMKM dan startup agar dapat berkembang dalam lanskap digital yang terus berkembang.

Referensi

  1. Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
  2. Gunadi, N., Fitriani, D., Sya’Diah, H., & Zulaihah, L. (2024). Peran mahasiswa dalam implementasi penggunaan quick response code indonesia standard (QRIS) pada UMKM bubur ayam Cirebon. *ASRJ, 3*(1), 101-109. [https://doi.org/10.62108/asrj.v3i1.7618](https://doi.org/10.62108/asrj.v3i1.7618)
  3. Mubarok, M., Tsabitah, D., Ningtias, L., Meylianingrum, K., & Pradana, A. (2023). UTAUT model to explore factors influencing QRIS adoption among economics students in Malang. *Peradaban J Econ Bus, 2*(2), 137-154. [https://doi.org/10.59001/pjeb.v2i2.106](https://doi.org/10.59001/pjeb.v2i2.106)
  4. Muditomo, A., & Setyawati, N. (2022). Digital transformation of small medium enterprises: A descriptive analysis of Quick Response Indonesia Standard data. *Jambura Equilibrium Journal, 4*(2). [https://doi.org/10.37479/jej.v4i2.13918](https://doi.org/10.37479/jej.v4i2.13918)
  5. Pravitasari, E., & Fauziyah, A. (2023). The influence of lifestyle, perceived convenience, and promotion on the decision to use Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). *Return Study of Management Economic and Business, 2*(8), 784-794. [https://doi.org/10.57096/return.v2i8.131](https://doi.org/10.57096/return.v2i8.131)
  6. Puspitasari, A., & Salehudin, I. (2022). Quick Response Indonesian Standard (QRIS): Does government support contribute to cashless payment system long-term adoption? *Journal of Marketing Innovation (JMI), 2*(1). [https://doi.org/10.35313/jmi.v2i1.29](https://doi.org/10.35313/jmi.v2i1.29)
  7. Rudolf, A. (2024). Analysis of the influence of consumer trust, perceived benefits, and usage risks on QRIS user satisfaction with ease of use as a mediating variable: A case study of Jatinegara district, East Jakarta. *Journal of Economics Finance and Management Studies, 07*(10). [https://doi.org/10.47191/jefms/v7-i10-53](https://doi.org/10.47191/jefms/v7-i10-53)
  8. Usmiati, U., Huda, N., & Claudia, M. (2024). QRIS, blockchain, AI, and IoT: Enhancing e-commerce transaction security. *ICOBUSS, 1*(1), 1013-1023. [https://doi.org/10.24034/icobuss.v4i1.584](https://doi.org/10.24034/icobuss.v4i1.58)
  9. Wahyudin, N., Herlissha, N., & Aldiesi, D. (2022). The utilization of e-commerce and QRIS as digital payment tools to improve sales performance through competitive advantage in MSME. *Journal of Consumer Sciences, 7*(2), 134-147. [https://doi.org/10.29244/jcs.7.2.134-147](https://doi.org/10.29244/jcs.7.2.134-147)