Vol 2 No 1 (2025): April 2025
##section.default.title##

Strategi Promosi Digital untuk Meningkatkan Daya Tarik Green Tourism di Kabupaten Poso

Abdi Walenta
Universitas Kristen Tentena
FREDRIK KAWANI
Universitas Kristen Tentena
MIKHAEL BALO
Universitas Kristen Tentena

Diterbitkan 2025-07-01

Kata Kunci

  • Digital Marketing,
  • Ecotourism,
  • Green Tourism,
  • Media Sosial,
  • User Generated Content

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi strategi promosi digital untuk meningkatkan daya tarik green tourism di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Fokus penelitian adalah pada peran pemasaran digital, terutama melalui media sosial dan User Generated Content (UGC), dalam membangun citra positif destinasi ekowisata. Penelitian ini mengidentifikasi tantangan utama dalam memaksimalkan promosi digital, seperti keterbatasan infrastruktur dan pemanfaatan saluran media yang belum optimal. Temuan menunjukkan pentingnya integrasi strategi e-marketing yang inovatif dengan pengembangan infrastruktur lokal dan keterlibatan komunitas. Dengan memanfaatkan platform seperti Instagram dan Facebook, Kabupaten Poso dapat secara efektif menampilkan warisan alam dan budaya, serta mempromosikan praktik pariwisata berkelanjutan. Penelitian ini menyarankan pemanfaatan UGC dan strategi pemasaran kolaboratif dengan destinasi tetangga seperti Bali untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik Poso bagi wisatawan yang peduli lingkungan.

Referensi

  1. Ai, X. (2024). Research on Optimization Strategy of New Media Marketing of Rural Tourism Under the Background of “Internet+”. Applied Mathematics and Nonlinear Sciences.
  2. Chloridiany, A. (2021). Social Media Marketing Strategy of Indonesian Tourism in the Time of Pandemic. E-Journal of Tourism.
  3. Gulati, S. (2021). Social and Sustainable: Exploring Social Media Use for Promoting Sustainable Behaviour and Demand Amongst Indian Tourists. International Hospitality Review.
  4. Ivasciuc, I. S., Constantin, C., Candrea, A. N., & Ispas, A. (2024). Digital Landscapes: Analyzing the Impact of Facebook Communication on User Engagement With Romanian Ecotourism Destinations. Land.
  5. Khan, A., Senin, A. A., Zulfiqar, U., & Ashfaq, J. (2022). Influence of User Generated Content (UGC) on Tourist Satisfaction in Pre-Purchase Period of Tourism in Pakistan. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.
  6. Khan, M. M., Siddique, M., Yasir, M., Qureshi, M. I., Khan, N., & Safdar, M. Z. (2022). The Significance of Digital Marketing in Shaping Ecotourism Behaviour Through Destination Image. Sustainability.
  7. Moro, S., & Rita, P. (2018). Brand Strategies in Social Media in Hospitality and Tourism. International Journal of Contemporary Hospitality Management.
  8. Walenta, A. S. (2023). Pengembangan Citra Pariwisata di Kabupaten Poso. Feniks Muda Sejahtera.