Vol 1 No 1 (2024): April 2024
##section.default.title##

Etnomatematika dalam Batik dan Tenun: Strategi Pendidikan Berbasis Budaya Lokal di Era Kurikulum Merdeka

Gracia Kombu
Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Tentena
Yunda Tobondo
Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Tentena
Sertin Allolayuk
Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Tentena
Masril Tudjuka
Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Tentena
Elisabet Djunaidy
Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Tentena
Delfince Tjenemundan
Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Tentena

Diterbitkan 2024-04-30

Kata Kunci

  • Batik,
  • Budaya Lokal,
  • Etnomatematika,
  • Kurikulum Merdeka,
  • Tenun

Abstrak

Penelitian ini mengkaji integrasi etnomatematika dalam batik dan tenun sebagai strategi pendidikan berbasis budaya lokal di era Kurikulum Merdeka menggunakan pendekatan studi pustaka. Batik dan tenun mengandung konsep matematika, khususnya geometri seperti transformasi dan teselasi, yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual. Pendekatan ini mendukung Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran berbasis konteks lokal, meningkatkan pemahaman matematika, motivasi, dan apresiasi budaya siswa. Strategi seperti lembar kerja siswa dan media interaktif berbasis teknologi terbukti efektif, meskipun tantangan seperti keterbatasan pengetahuan guru dan bahan ajar masih ada. Penelitian ini menunjukkan bahwa etnomatematika dalam batik dan tenun memperkaya pembelajaran matematika sekaligus mempromosikan pelestarian warisan budaya Indonesia. Kolaborasi antara pendidik, peneliti, dan komunitas lokal diperlukan untuk mengembangkan bahan ajar dan pelatihan guru guna mengoptimalkan implementasi pendekatan ini

Referensi

  1. Abdullah, A. F., Richardo, R., Mubarok, M. N., & Bayu, W. S. (2024). Giriloyo Written Batik Motifs Viewed From an Ethnomathematics Perspective. Jurnal Math-Umb Edu, 11(3), 6559. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v11i3.6559
  2. Astriandini, M. G., & Kristanto, Y. D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 831. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.831
  3. Genika, P. R., & Dewi, D. A. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Keterkaitan Dengan Pendidikan Karakter Di Indonesia. Konstruksi-Sosial, 1(2), 220. https://doi.org/10.56393/konstruksisosial.v1i2.220
  4. Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Kewarganagaraan Melalui Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 5637. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5637
  5. Lestari, M., Irawan, A., & Rahayu, W. (2023). Javanese Batik as the Development of Android-Based Interactive Learning Media. In Proceedings of the International Conference on Education and Technology (pp. 17–25). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-056-5_17
  6. Lestari, M., Rahayu, W., & Irawan, A. (2022). Trial and Validation of Etnobatic Applications as a Media Mathematics Learning Based on Android. Jurnal Math Educator Nusantara, 8(2), 18378. https://doi.org/10.29407/jmen.v8i2.18378
  7. Marsya, T., Fauzan, A., & Musdi, E. (2023). Development of Geometry Learning Tools Integrated Transformation of Ethnomathematics of Jambi Batik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 6096. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.6096
  8. Nurokhim, N. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 1925. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1925
  9. Nurcahyo, A., Ishartono, N., Candra Pratiwi, A. Y., & Waluyo, M. (2024). Exploration of Mathematical Concepts in Batik Truntum Surakarta. Infinity Journal, 13(2), 457–476. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.p457-476
  10. Panjaitan, S. C., Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Implementasi Ideologi Pendidikan Matematika Pada Pendidikan Guru Penggerak. Ideguru Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 812. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.812
  11. Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning Geometry and Values From Patterns: Ethnomathematics on the Batik Patterns of Yogyakarta, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://doi.org/10.22342/jme.11.3.12949.439-456
  12. Putra, S. (2021). The Implementation of Batik Besurek Motif for Geometric Transformation Learning. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research (Vol. 527, p. 81). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210227.081
  13. Sari, N. H. (2022). Development Mathematics Realistic Education Worksheet Based on Ethnomathematics in Elementary School. Phenomenon Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 10853. https://doi.org/10.21580/phen.2022.12.1.10853
  14. Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Education Learning and Innovation (Elia), 2(1), 404. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.404
  15. Suryaning Khoirunnisa, I. R., & Firmansyah, A. (2024). Konsep Pendidikan Berkelanjutan Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah: Suatu Tinjauan. Jurnalku, 4(2), 675. https://doi.org/10.54957/jurnalku.v4i2.675
  16. Wulandari, D. U., Mariana, N., Wiryanto, W., & Amien, M. S. (2024). Integration of Ethnomathematics Teaching Materials in Mathematics Learning in Elementary School. Ijorer International Journal of Recent Educational Research, 5(1), 542. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i1.542