Vol 1 No 1 (2024): April 2024
##section.default.title##

Etnomatematika sebagai Pendekatan Humanistik dalam Pendidikan: Studi Pustaka pada Warisan Budaya Tenun dan Batik Nusantara

Gita Ropo
Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Tentena
Yunda Tobondo
Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Tentena
Sertin Allolayuk
Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Tentena
Masril Tudjuka
Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Tentena
Elisabet Djunaidy
Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Kristen Tentena
Delfince Tjenemundan
Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kristen Tentena

Diterbitkan 2024-04-30

Kata Kunci

  • Batik,
  • Etnomatematika,
  • Pendidikan Humanistik,
  • Tenun,
  • Warisan Budaya

Abstrak

Penelitian ini mengkaji integrasi etnomatematika dan pendidikan humanistik dalam konteks warisan budaya tenun dan batik Nusantara melalui pendekatan studi pustaka. Etnomatematika memungkinkan pembelajaran matematika yang relevan melalui pola dan desain budaya lokal, seperti geometri dan simetri pada tenun dan batik, sehingga meningkatkan keterlibatan siswa. Pendidikan humanistik melengkapi pendekatan ini dengan menekankan berpikir kritis, kreativitas, dan empati, yang memperkaya pemahaman siswa terhadap identitas budaya. Tenun dan batik tidak hanya berfungsi sebagai media pembelajaran, tetapi juga sebagai sarana pelestarian warisan budaya dan keberlanjutan sosiokultural. Penelitian ini menemukan bahwa pendekatan ini menciptakan pengalaman belajar yang holistik, menghubungkan aspek akademik dengan kearifan lokal, dan memperkuat identitas budaya siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan pelatihan guru dan sumber daya pendidikan perlu diatasi. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum berbasis budaya, pelatihan guru, dan kolaborasi dengan komunitas lokal untuk mengoptimalkan implementasi pendekatan ini.

Referensi

  1. Boadi, M. A., Frimpong, C., & Seidu, R. K. (2023). The Influence of Change on Indigenous Strip-Woven Fabrics in Ghana. Journal of Asian and African Studies. https://doi.org/10.1177/00219096231176740
  2. Husnia, H., & Sholikin, N. W. (2025). Etnomatematika Pada Batik Manggur Kota Probolinggo. Kognitif Jurnal Riset Hots Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.51574/kognitif.v5i1.2693
  3. Istari, T. M. R. (2016). Ragam Hias Non-Cerita Pada Relief Candi Untuk Perkembangan Motif Batik Kontemporer. Naditira Widya. https://doi.org/10.24832/nw.v6i1.84
  4. Januardi, A. (2025). Tenun Lunggi Dan Resiliensi Perempuan Sambas: Strategi Life-Long Learning Dalam Menjaga Warisan Budaya. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.31571/jpkn.v9i1.9027
  5. Khusniati, M., Heriyanti, A. P., Aryani, N. P., Fariz, T. R., & Harjunowibowo, D. (2023). Indigenous Science Constructs Based on Troso Woven Fabric Local Wisdom: A Study in Ethnoscience and Ethnoecology. Journal of Turkish Science Education. https://doi.org/10.36681/tused.2023.031
  6. Mailani, E., Rarastika, N., Butar-Butar, C. A., Purba, J. E., & Purba, D. S. (2024). Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Geometri Menggunakan Pola Lantai Rumah Adat Nusantara. Jerd. https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2.121
  7. Miller, V. I. (2015). Value of Humanistic Grounds in the Field of Legal Education of Youth. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.548
  8. Muyassaroh, I., & Sunaryati, T. (2021). Etnomatematika: Strategi Melahirkan Generasi Literat Matematika Melalui Budaya Lokal Yogyakarta. JPGSD. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v2i01.810
  9. Rua, M. O. D., Fono, M. A., & Wewe, M. (2025). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Di Satuan Pendidikan. J. C. M. P. https://doi.org/10.38048/jcmp.v3i1.4402
  10. Yang, Y., & Li, Y. (2017). Discussion on Strengthening Humanistic Quality Education of Students in Military Academies. https://doi.org/10.2991/iceiss-17.2017.78