Membangun Daya Tarik Akademik melalui Kolaborasi Multisektor: Analisis Kepustakaan terhadap Peran Pemangku Kepentingan dalam Sinergi Pendidikan dan Pariwisata di Kecamatan Pamona Puselemba
Diterbitkan 2024-10-31
Kata Kunci
- Academic Citizenship,
- Budaya Lokal,
- Daya Tarik Akademik,
- Kolaborasi Multisektor,
- Pariwisata Berkelanjutan
Hak Cipta (c) 2025 Yuyun Tobondo, Abdi Walenta

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji peran pemangku kepentingan dalam kolaborasi multisektor untuk meningkatkan daya tarik akademik perguruan tinggi melalui sinergi dengan sektor pariwisata di Kecamatan Pamona Puselemba. Menggunakan pendekatan studi pustaka dengan metode deskriptif-kualitatif, penelitian ini menganalisis literatur untuk mengidentifikasi strategi kolaborasi yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perguruan tinggi berperan sebagai fasilitator utama melalui penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat, mendukung pengelolaan destinasi wisata berbasis budaya. Kolaborasi multisektor yang melibatkan pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat lokal meningkatkan efektivitas pengembangan wisata berkelanjutan. Konsep academic citizenship memperkuat keterlibatan akademisi dalam kebutuhan sosial, sementara warisan budaya lokal menjadi aset strategis untuk promosi wisata dan branding akademik. Kebijakan pendukung lintas sektor juga terbukti esensial dalam memastikan ketahanan pariwisata dan daya tarik akademik. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum berbasis pariwisata, pemanfaatan warisan budaya, dan kemitraan strategis untuk menciptakan ekosistem pendidikan dan pariwisata yang inklusif di Kecamatan Pamona Puselemba.
Referensi
- Abat, R. B. (2025). Maximizing the Impact of on-the-Job Training (OJT) for BSBA Students: Strengthening University-Business Industry Partnership. Ijaem. https://doi.org/10.35629/5252-0702261268
- Matsiliza, N. S. (2024). The Value of Academic Citizenship in South African Higher Education. IGI Global. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-4346-3.ch008
- Mistriani, N., Ihalauw, J. J. O. I., & Priyanto, S. H. (2024). Three Main Pillars of Agrotourism Success in Lerep Tourism Village: Farmer Groups, Pokdarwis, and BUMDes. Icgtsave. https://doi.org/10.62951/icgtsave.v1i2.31
- Ogunsanya, O., & Govender, I. G. (2020). University-Community Engagement: Current Tensions and Future Trends. International Journal of African Higher Education. https://doi.org/10.6017/ijahe.v6i1.11089
- Rinaldi, C., Cavicchi, A., & Robinson, R. (2020). University Contributions to Co-Creating Sustainable Tourism Destinations. Journal of Sustainable Tourism. https://doi.org/10.1080/09669582.2020.1797056
- Saskarawati, N. P. A., Sari, R. J., & Putra Aditya, I. W. (2024). Sinergi Pentahelix Dalam Pengelolaan Pariwisata Di Desa Wisata Sayan. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis. https://doi.org/10.22334/paris.v3i8.854
- Sulaiman, S. (2024). Contributions of Higher Education to National Security and Counterterrorism in Indonesia. Indonesian Journal of Counter Terrorism and National Security. https://doi.org/10.15294/ijctns.v3i1.78904
- Tobondo, Y. A., & Walenta, A. S. (2024). Sinergi pendidikan dan pariwisata: Strategi meningkatkan daya tarik perguruan tinggi melalui destinasi wisata. Jurnal Ambisi P-NA, 1(1), 1-8. https://jurnal.unkrit.ac.id/index.php/APNA
- Wanyama, R. W. (2024). Strategic Management Practices for Climate Change Mitigation in Institutions of Higher Learning in Africa. International Journal of Research and Innovation in Social Science. https://doi.org/10.47772/ijriss.2024.8100088
- Winanto, S., & Ramdhan, D. (2024). Analisis Kelayakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Dalam Meningkatkan Daya Tarik Investasi Dan Perekonomian Lokal. Sammajiva Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i4.1611
- Zamroni, Z., Putra, B. K., Noviana, Azizah, N., Izzati, I., Laili, Y. N., … Saputra, S. A. (2024). Mekarsari Village Towards Sustainable Tourism Village: A Literature Review. Esgsb. https://doi.org/10.61511/esgsb.v1i2.2024.1325