Vol 1 No 2 (2024): Oktober 2024
##section.default.title##

Sinergi Pendidikan Tinggi dan Pariwisata Berbasis Teknologi Digital: Studi Literatur tentang Inovasi Promosi Destinasi Wisata Akademik

Abdi Walenta
Prodi Manajemen, FEKON, Universitas Kristen Tentena

Diterbitkan 2024-10-31

Kata Kunci

  • Destinasi Wisata Akademik,
  • Pariwisata Cerdas,
  • Pendidikan Tinggi,
  • Sinergi,
  • Teknologi Digital

Abstrak

Penelitian ini mengkaji sinergi antara pendidikan tinggi dan pariwisata berbasis teknologi digital melalui pendekatan studi pustaka untuk memahami inovasi promosi destinasi wisata akademik. Analisis literatur menunjukkan bahwa teknologi digital, seperti realitas virtual dan pemasaran digital, meningkatkan pengalaman belajar dan daya tarik wisatawan. Kolaborasi lintas sektor melalui model Penta-Helix mendukung pengelolaan destinasi wisata yang berkelanjutan, sementara kurikulum berbasis pariwisata memperkuat citra akademik perguruan tinggi. Pendekatan pariwisata cerdas memanfaatkan infrastruktur digital untuk mengoptimalkan interaksi pengunjung. Tantangan seperti keterbatasan teknologi dapat diatasi dengan kemitraan strategis dan pelatihan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinergi ini berpotensi meningkatkan daya saing perguruan tinggi dan kontribusi terhadap pariwisata berkelanjutan.

Referensi

  1. Burbano-Fernandez, M. F., Ardila, L.-M., Sandoval-Serna, J. K., Sánchez, H. A., & Tobar-Dejesús, J. A. (2024). Exploring Tourism Trends: A Comparative Analysis Between Global Trends and Higher Education Programs in Colombia. F1000Research. https://doi.org/10.12688/f1000research.143674.1
  2. Garanti, Z. (2023). Value Co-Creation in Smart Tourism Destinations. Worldwide Hospitality and Tourism Themes. https://doi.org/10.1108/whatt-06-2023-0070
  3. Kumar, A., & Barua, C. S. (2024). Leveraging Digital Innovations in Tourism Marketing: A Study of Destination Promotion Strategies. International Journal of Business and Management Research. https://doi.org/10.37391/ijbmr.120102
  4. Lin, K. J., Ye, H., & Law, R. (2022). Conceptualizing Accessible Tourism With Smart Technologies. Journal of Smart Tourism. https://doi.org/10.52255/smarttourism.2022.2.2.2
  5. Meidiaputri, R. D., Pawansah, R. I., Winarno, A., & Aini, D. N. (2025). Penguatan POKDARWIS Dan Penataan Paket Wisata Dalam Pengelolaan Eduwisata Kampoeng Tematik Desa Sumberdem Malang. Near Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.32877/nr.v4i2.1868
  6. Mishra, S., Bhatt, V., & Singh, P. (2023). Smart Infrastructure in Smart Cities Scope and Implications for Sustainable Tourism Development. In Handbook of Research on Smart Technology Applications in the Tourism Industry (pp. 1–20). IGI Global. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-0650-5.ch010
  7. Pratiwi, R., Wardhani, W. N. R., & Kusumaningrum, R. (2020). Crowdworking, Is It Beneficial in Destination Marketing? (An Empirical Model in Tourism Destinations in Central Java). Advances in Economics, Business and Management Research, 149, 40–46. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200812.040
  8. Slam, B. E., Magfira, F., Irawan, F., & Efranda, N. (2025). Sosialisasi Dan Pengembangan Potensi Pariwisata Melalui Edukasi Dan Promosi Berbasis Teknologi Digital Di Pantai Gaseng Tanjungpinang. Abdimas Iptek. https://doi.org/10.53513/abdi.v5i1.10589
  9. Sumarto, R. H., Sumartono, S., Khairul Muluk, M. R., & Nuh, M. (2020). Penta-Helix and Quintuple-Helix in the Management of Tourism Villages in Yogyakarta City. Australasian Accounting Business and Finance Journal. https://doi.org/10.14453/aabfj.v14i1.5
  10. Tobondo, Y. A., & Walenta, A. S. (2024). Sinergi pendidikan dan pariwisata: Strategi meningkatkan daya tarik perguruan tinggi melalui destinasi wisata. Jurnal Ambisi P-NA, 1(1), 1–8. https://jurnal.unkrit.ac.id/index.php/APNA
  11. Wahyuddin. (2025). Introduction of Local Tourist Destinations Through Virtual Reality to Increase Tourist Attractiveness in the Digital Era in Village Bulukumba District South Sulawesi Province. Indonesian Journal of Community Services. https://doi.org/10.47540/ijcs.v4i1.2035
  12. Wibowo, W. (2025). Literacy Tourism Revolution: The Role of Technology in Increasing Students’ Interest in Reading and Learning. Journal of Digital Learning and Distance Education. https://doi.org/10.56778/jdlde.v3i9.448