Dari Otonomi Belajar Menuju Dampak Sosial: Analisis Perbandingan Implementasi MBKM dan Kampus Berdampak di Perguruan Tinggi

Penulis

  • Yuyun Tobondo
  • Melky Alfian FKIP, Universitas Kristen Tentena
  • Atika Kawalangi FKIP, Universitas Kristen Tentena
  • Masril Tudjuka FKIP, Universitas Kristen Tentena
  • Agustanty Ruagadi FKIP, Universitas Kristen Tentena
  • I Gusti Widnyana FKIP, Universitas Kristen Tentena
  • Herlin Alfiany FKIP, Universitas Kristen Tentena
  • Novalinda Mohamad FKIP, Universitas Kristen Tentena

Kata Kunci:

Dampak Sosial, Kampus Berdampak, Kolaborasi, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Otonomi Belajar

Abstrak

Penelitian ini membahas perbandingan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Kampus Berdampak di perguruan tinggi Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak sosial dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi kedua kebijakan tersebut. Dengan menggunakan pendekatan penelitian pustaka (library research), penelitian ini mengidentifikasi perbedaan fokus antara MBKM yang lebih menekankan pada otonomi belajar dan persiapan mahasiswa untuk dunia kerja, serta Kampus Berdampak yang lebih berfokus pada tanggung jawab sosial dan pengabdian masyarakat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kedua kebijakan ini memiliki tujuan yang serupa, namun dengan pendekatan yang berbeda dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi lulusan. Meskipun ada tantangan terkait dengan sumber daya dan kolaborasi, kedua kebijakan ini memberikan dampak positif pada mahasiswa, baik dalam kompetensi akademik maupun pengembangan karakter sosial.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-14

Cara Mengutip

Tobondo, Y., Alfian, M., Kawalangi, A., Tudjuka, M., Ruagadi, A., Widnyana, I. G., … Mohamad, N. (2025). Dari Otonomi Belajar Menuju Dampak Sosial: Analisis Perbandingan Implementasi MBKM dan Kampus Berdampak di Perguruan Tinggi. Akademia, 8(1), 1–11. Diambil dari https://jurnal.unkrit.ac.id/index.php/akademia/article/view/76

Terbitan

Bagian

Articles