Penguatan UMKM Anyaman Rotan “Poena Magaya” melalui Pendekatan Etnomatematika, Sosiologi Budaya, dan Teknologi Informasi: Studi PKM di Kelurahan Petirodongi
Keywords:
Etnomatematika, Pemasaran Digital, Penguatan UMKM, Sosiologi Budaya, Anyaman RotanAbstract
Penelitian ini mengkaji penguatan UMKM anyaman rotan “Poena Magaya” di Kelurahan Petirodongi melalui pendekatan interdisipliner yang mengintegrasikan etnomatematika, sosiologi budaya, dan teknologi informasi selama Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2022. Etnomatematika diterapkan untuk inovasi desain produk dengan pola simetris dan geometris, meningkatkan nilai estetika dan fungsional. Sosiologi budaya memperkuat identitas komunitas Pamona melalui promosi kerajinan tradisional. Pelatihan pemasaran digital memperluas jangkauan pasar sebesar 50% via media sosial. Program tambahan meliputi papan petunjuk bermotif anyaman, mempermudah akses UMKM, dan pengajaran di SDN 2 Tentena, menggunakan pola anyaman untuk mengajarkan geometri, meningkatkan pemahaman siswa sebesar 75%. Meskipun menghadapi kendala modal dan regenerasi tenaga kerja, program ini meningkatkan daya saing ekonomi dan pelestarian budaya. Pendekatan ini menawarkan model replikasi untuk pengembangan UMKM berbasis kearifan lokal.